My kind of review · Write for lyfe

Perbaiki Skin Barrier dengan Scarlett 7X Ceramide Barrier Up Moisturizer

Apakah kamu memakai pelembap muka atau moisturizer setiap hari? Kalau belum, kamu harus berpikir ulang dan mengubah kebiasaan itu. Pasalnya, melembapkan muka adalah tahap penting dalam urutan perawatan muka atau skincare. Kulit yang lembap merupakan ciri utama kulit yang sehat. Bahkan kamu bisa memperbaiki skin barrier jika rutin menggunakan moisturizer. Dalam tulisan kali ini, aku juga akan membahas produk pelembap yang jadi kesukaanku belakangan ini : Scarlett 7X Ceramide Barrier Up Moisturizer.

Skin barrier merupakan lapisan kulit terluar yang sangat memengaruhi kondisi kulit secara keseluruhan. Fungsinya untuk melindungi kulit tetap sehat dan lembap. Bahkan skin barrier melindungi tubuh dari berbagai jenis racun dan patogen berbahaya yang dapat menembus kulit. Jadi kebayang, kan, bila skin barrier kita rusak, kondisi kulit kita pun rentan kering dan mendapat banyak masalah.

Untuk mengetahui apakah skin barrier kamu sehat atau tidak, ada alat yang bisa digunakan. Aku pernah mengecek kesehatan skin barrier-ku di sebuah layanan kecantikan dan hasilnya kurang memuaskan. Ini yang menyebabkan kulitku rentan bermasalah akhir-akhir ini.

Selain itu, kita bisa melihat gejala atau tanda skin barrier rusak, antara lain:

  • Kulit menjadi sangat kering, bahkan sampai bersisik
  • Kulit kerap terasa gatal
  • Kulit menjadi sensitive atau cepat meradang
  • Muncul jerawat
  • Kulit mengalami hiperpigmentasi atau perubahan warna kulit
  • Muncul tanda penuaan dini, seperti garis halus dan wajah terlihat kusam
  • Proses regenerasi kulit melambat sehingga masalah kulit butuh waktu lama untuk sembuh
Perbedaan skin barrier pada kondisi kulit normal dan kulit rusak

Yang kutahu ada beberapa hal yang bisa membaut skin barrier rusak. Gaya hidup, seperti stress dan pola tidur yang buruk bisa memengaruhi skin barrier. Selain itu, polusi juga bisa menambah parah gejala skin barrier yang rusak.

Tapi jangan khawatir, kita bisa terus mengusahakan skin barrier tetap sehat. Kalaupun sempat rusak atau menunjukkan tanda-tanda skin barrier rusak, ada cara untuk memperbaikinya.

  • Cermat dalam memakai produk skincare

Saat ini, industri kecantikan termasuk produk perawatan kulit memang sedang tren. Rasa-rasanya hampir setiap hari ada produk skincare baru yang muncul di pasaran. Akan tetapi, bukan berarti kamu membutuhkan banyak produk untuk mendapatkan kulit sehat.

Konsistensi merawat muka adalah kunci dalam membuat kulit kita sehat. Produk skincare hanyalah alat untuk membantu kita merawat kulit, jadi bukan yang utama. Kita bisa merawat kulit dengan minimalis. Tahapan yang paling penting sebenarnya hanya empat : CTMP atau cleansing, toning, moisturizing, and protecting.

Aku pun sering tergoda mencoba atau memakai banyak produk dalam setiap rutinitas skincare. Tapi menurut pengalamanku banyak produk tidak otomatis membuat kulitku jadi lebih baik atau lebih sehat. Justru, kalau kebanyakan memakai produk skincare dalam rutinitas perawatan kulit, apalagi yang menggunakan bahan aktif, kulitku rentan bermasalah. Jadi ya memang kita harus cermat dalam memakai produk skincare.

  • Batasi frekuensi mencuci muka

Memang air memegang peranan penting dalam perawatan muka, tapi ini tidak membuat kita harus sering mencuci muka. Semakin sering kita mencuci muka dalam sehari berpotensi membuat kulit jadi kering dan merusak skin barrier. Oleh karena itu, disarankan untuk mencuci muka maksimal dua kali dalam sehari. Gunakan produk pencuci muka dengan pH rendah untuk menjaga skin barrier dan mencegah hilangnya sel lipid pada kulit.

  • Batasi proses eksfoliasi kulit

Ini yang masih sulit kulakukan karena aku sudah terbiasa rutin menggunakan produk pencuci muka, toner, serum, atau masker yang berfungsi mengeksfoliasi kulit. Rasanya tuh eksfoliasi bisa dengan cepat menghilangkan sel kulit mati dan membuat kulit terlihat lebih glowing. Namun ternyata terlalu sering eksfoliasi justru merusak skin barrier. Apabila tanda-tanda skin barrier rusak sudah terasa atau terlihat, sebaiknya kamu menghentikan eksfoliasi kulit dan fokus memperbaiki skin barrier dulu. Bila tanda-tanda tersebut sudah hilang, baru secara perlahan kamu bisa mulai eksfoliasi lagi.

  • Menggunakan pelembap setiap hari

Memastikan kulit terhidrasi sangat penting. Pasalnya hidrasi dibutuhkan agar kulit bisa mengatur dirinya sendiri. Menjaga kelembapan kulit juga penting untuk melindungi skin barrier.

Cara terbaik melembapkan kulit adalah dengan menggunakan pelembap atau moisturizer secara rutin. Pelembap berfungsi mengunci hidrasi kulit sehingga skin barrier pun terjaga. Apapun jenis kulit kamu, pelembap adalah produk wajib yang harus digunakan dalam merawat kulit.

Dulu aku melewatkan moisturizer dalam rutinitas perawatan muka. Kulitku yang kombinasi dan berminyak di beberapa bagian membuatku risih menggunakan moisturizer. Namun begitu tahu pentingnnya moisturizer, aku rutin menggunakannya baik di pagi hari sebelum memakai sun protection, maupun sebagai tahapan terakhir rutinitas skincare di malam hari. Dari riset kecil-kecilan, aku mengetahui bahwa ceramide merupakan salah satu kandungan terbaik untuk memperbaiki skin barrier. Itu yang membuatku menggunakan Scarlett 7X Ceramide Barrier Up Moisturizer. Ceramide merupakan asam lemak yang secara natural ada pada skin barrier. Tidak heran jika produk yang mengandung ceramide terbukti dapat memperbaiki kondisi penghalang kulit.

Review Scarlett 7X Ceramide Barrier Up Moisturizer

Product type : cream

Size : 20 gram

Skin type : all skin type

BPOM RI : NA18220109451

Cek keaslian produk lewat situs https://verify.scarlettwhitening.com

Pembelian : SCARLETT Official Store

SCARLETT merupakan brand kecantikan lokal yang dipopulerkan oleh Felicya Angelista. Aku sudah sering membahas brand satu ini karena produknya memang bagus-bagus, baik di lini bodycare maupun skincare.

Seperti yang aku ceritakan di atas, beberapa waktu lalu aku menyadari bahwa skin barrier-ku sedang tidak baik-baik saja lewat pengecekan di sebuah layanan kecantikan. Aku pun mencari-cari produk yang bisa memperbaiki kondisi tersebut dan menemukan produk ini.

Kandungan

7X Ceramide:

  • Ceramide EOP – Menyatukan lapisan skin barrier
  • Ceramide AS – Menghalangi masuknya bakteri pada skin barrier
  • Ceramide NP – Memperbaiki kekuatan skin barrier
  • Ceramide NS – Mengunci kadar air dalam kulit agar tetap terhidrasi
  • Ceramide AP – Menyimpan Fatty Acid esensial di dalam epidermis
  • Ceramide EOS – Melembapkan dan membuat kulit kembali berisi
  • Caprooyl Phytosphingosine – Menghentikan hilangnya kelembapan dari lapisan kulit paling atas
  • Caprooyl Sphingosine – Menciptakan rasa halus dan mengembalikan permukaan kulit tampak lebih sehat

4d Hyaluronic Acid

  • Sodium Acetylated Hyaluronate
  • Sodium Hyaluronate
  • Sodium Hyaluronate Crosspolymer
  • Hydrolyzed Sodium Hyaluronate

Acetyl Hexapeptide-8

  • Melembapkan dan menjaga hidrasi kulit
  • Membuat kulit tampak lebih halus, lembut dan merawat kekencangan kulit
  • Menyamarkan tampilan kerutan atau garis halus
  • Mencegah tanda penuaan dini

Camelia Leaf Extract

  • Membantu melindungi kulit dari efek buruk sinar UV
  • Mencegah tanda-tanda penuaan dini
  • Membuat kulit terasa kencang
  • Menjaga kelembapan kulit

Review Pribadi

Aku sudah memakai pelembap dari SCARLETT ini selama sekitar dua minggu. Jujur ya, awalnya aku pikir ini moisturizer yang biasa saja. Menurutku produk moisturizer itu tidak perlu standar yang tinggi karena fungsi utamanya mengunci kelembapan kulit. Ternyata aku salah. Pelembap dengan kandungan yang bagus seperti SCARLETT 7X Ceramide Barrier Up Moisturizer ini sangat membantu memperbaiki kondisi kulitku. Aku paling suka teksturnya yang ringan membuat pelembap ini sangat cepat menyerap di kulit. Aku sangat merasakan efek soothing dan calming alias menenangkan setiap kali pakai moisturizer ini. Rasanya adem sekali di kulit muka.

Aku juga merasakan manfaatnya untuk melembapkan kulit. Sebelumnya, kulitku terlihat kering dan sempat bersisik. Tapi setelah pakai moisturizer dari SCARLETT ini, kondisi kulitku jauh lebih baik. Kulit terasa lembap dan tidak bersisik.

Aku memang belum cek lagi kondisi skin barrier lewat alat di layanan kecantikan. Tapi aku sudah merasakan dan melihat perbaikan dari tanda-tanda skin barrier rusak sudah jauh berkurang.

Pemilik kulit kering memang sangat dianjurkan menggunakan pelembap dengan kandungan beberapa jenis ceramide. Produk ini jadi solusi yang bagus untuk melembapkan kulit dan memperbaiki kondisi skin barrier.

Akhir kata, aku merekomendasikan kamu yang butuh perbaikan kondisi skin barrier untuk menggunakan SCARLETT 7X Ceramide Barrier Up Moisturizer. Dengan harga Rp 75.000 per jar dengan ukuran 20 gram menurutku produk ini layak dibeli dan dicoba. Produk Scarlett mana lagi yang harus aku coba ya? Kamu bisa kasih rekomendasi di kolom komentar, ya. Sampai jumpa di review skincare selanjutnya.

18 thoughts on “Perbaiki Skin Barrier dengan Scarlett 7X Ceramide Barrier Up Moisturizer

  1. Tanda penuaan dini, ini nih yang lagi kualami, seiiring pertambahan usia sih, tapi emang jadi penting banget biar kulit selalu lembab dan sehat, perlu banget moisturizer dari Scarlett nih buat memperbaiki skin barrier rusak

    Like

  2. menggunakan pelembap ini memang termasuk dalam skincare dasar yang harus dilakukan ya, mbak. saya jujur penasaran nih sama pelembap scarlett yang pakai ceramide ini soalnya manfaatnya bagus banget buat kulit

    Like

  3. Yang paling terasa gatal tuh di kulit wajah adalah bagian hidung.
    Dan aku baru tau kalau gatal adalah salah satu indikasi skin barier rusak. Perlu banget diatasi menggunakan produk Scarlett 7X Ceramide Barrier Up Moisturizer yang bisa memperbaiki dari tanda-tanda skin barrier rusak.

    Like

Leave a comment