My kind of review

Lima Manfaat Vitamin C untuk Kulit: Review C-Power Serum dan Face Mist dari SCARLETT

Kalau kamu pecinta skincare seperti aku, pasti sudah tahu dong, vitamin C punya banyak manfaat untuk kulit. Pada tulisan ini, aku akan bahas cukup mendalam mengenai lima manfaat utama vitamin C untuk kulit. Tentunya, aku juga akan kasih rekomendasi produk skincare yang mengandung vitamin C, yaitu SCARLETT C-Power Serum dan SCARLETT C-Power Face Mist.

Vitamin C yang kita bicarakan di tulisan ini tentu yang bersifat topical, ya. Artinya, bahan perawatan yang dioleskan pada kulit. Nah, menurut Patricia Wexler, M.D, seorang dokter kulit bersertifikat, vitamin C merupakan anti-oksidan kuat yang dapat menetralkan radikal bebas. Tidak masalah bila jenis kulit kamu kering, berminyak, atau kombinasi, vitamin C bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Sifat anti-oksidannya membuat vitamin C membantu proses regenerasi alami kulit kita. Dengan kata lain, vitamin C bisa membantu tubuh memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Vitamin C topikal diserap langsung ke lapisan paling atas kulit, memungkinkannya bekerja dengan ampuh dan memberi banyak manfaat untuk kulit.

Dari berbagai manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengaplikasikan vitamin C pada kulit, aku merangkumnya menjadi lima, antara lain:

1. Mencerahkan kulit

Memang banyak bahan atau ingredient yang bagus untuk mencerahkan kulit. Namun, vitamin C bekerja sangat ampuh untuk menampilkan kulit terlihat lebih cerah.

Yang lebih menarik lagi, karena menghambat produksi melanin, vitamin C bisa memudarkan hiperpigmentasi. Seperti yang kita tahu, banyak sekali penyebab dan tanda hiperpigmentasi pada kulit wajah. Contoh hiperpigmentasi ialah dark spots, age spots, bekas jerawat, melasma, kulit belang. Biasanya ini terjadi karena produksi melanin yang berlebih di beberapa titik atau bagian pada kulit wajah.

Vitamin C menghambat sintesis melanin dengan menurunkan aktivitas enzim tyrosinase. Makanya vitamin C cocok sekali untuk mengurangi pigmentasi bintik-bintik hiperpigmentasi pada kulit. Ketika hiperpigmentasi sembuh atau hilang, kulit jadi terlihat jauh lebih cerah.

2. Menghidrasi kulit

Menurutku ini salah satu manfaat vitamin C yang sering dilupakan. Apalagi di luar sana banyak sekali komposisi lain yang lebih sering digaungkan untuk mencerahkan kulit. Padahal, vitamin C sudah terbukti secara klinis membantu kulit menahan air, menjaganya tetap halus dan kenyal, serta mencegah kulit menjadi terlalu kering atau terlalu berminyak.

Berdasarkan tinjauan penelitian tahun 2017, sebagian besar kulit dan organ yang sehat mengandung vitamin C konsentrasi tinggi. Ini menunjukkan bahwa vitamin C terakumulasi dalam tubuh dari peredaran. Vitamin C mengurangi kehilangan air transepidermal (TEWL) dan memungkinkan kulit mempertahankan kelembapan dengan lebih baik.

Kita semua tahu hidrasi merupakan kunci penting dalam menjaga kesehatan kulit. Jadi bagus sekali kalau kamu menggunakan produk skincare yang mengandung vitamin C agar kulit terjaga hidrasinya.

3. Anti-aging

Wah, kalau manfaat yang satu ini pasti bikin semua melek. Dan memang betul, penggunaan vitamin C topikal yang tepat pada rutinitas skincare bermanfaat untuk anti-penuaan dini. Pasalnya, kandungan satu ini punya peranan penting untuk biosintesis kolagen atau mendorong pertumbuhan kolagen baru pada kulit.

Produksi kolagen sangat berkaitan dengan elastisitas dan kekencangan kulit. Ketika kadar kolagen pada kulit menurun, kulit kamu bisa terlihat kendur. Menggunakan produk skincare dengan kandungan vitamin C dapat meningkatkan produksi kolagen, mengencangkan kulit secara keseluruhan. Ini berlaku untuk kulit yang kendur karena penuaan alami, kerusakan akibat stres oksidatif, atau penurunan berat badan yang ekstrem.

Tidak heran bila vitamin C sangat terkenal dalam banyak produk anti-penuaan. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa bahan satu ini dapat mengurangi munculnya kerutan saat kamu menggunakannya setidaknya selama 12 minggu. Kamu tidak mau segera terlihat tua? Pastikan pakai produk skincare dengan kandungan vitamin C, ya.

4. Melindungi kulit dari sinar UV

Antioksidan dalam vitamin C dapat membantu kulit bertahan dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV. Tapi bukan berarti kamu tidak perlu pakai sunscreen lagi, ya. Produk skincare, seperti serum, face mist, atau krim yang mengandung vitamin C tidak bisa digunakan untuk menggantikan tabir surya. Pasalnya, vitamin C tidak menyerap sinar UVA atau UVB.

Akan tetapi, ketika sinar UV masuk atau mengenai kulit kita, beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin C dapat membantu mengurangi kerusakannya. Malahan, penggunaan vitamin C bersamaan dengan tabir surya atau sunscreen memang bagus untuk melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet. Studi klinis menunjukkan bahwa menggabungkan vitamin C dengan bahan topikal lainnya, yaitu asam ferulat dan vitamin E, dapat mengurangi kemerahan dan membantu melindungi kulit dari kerusakan jangka panjang akibat sinar matahari yang berbahaya.

5. Mengurangi lingkaran di bawah mata

Lingkaran di bawah mata muncul karena banyak hal. Misalnya saja kurang tidur atau pola makan yang kurang sehat. Yang kamu lihat ketika ada lingkaran di bawah mata sebenarnya jaringan pembuluh darah tepat di bawah kulit. Jaringan ini menurutku tidak berbahaya, hanya saja tidak sedap dipandang.

Studi klinis kecil menunjukkan bahwa vitamin C membantu mengurangi dan mencegah lingkaran hitam di bawah mata dengan memperkuat kulit yang tipis dan halus di bawah mata. Sifat antioksidan vitamin C membuat kulit lebih elastis dan kenyal, membantu menyembunyikan pembuluh darah di bawahnya.

SCARLETT C-Power Serum

Sampai sini, kita setuju dong betapa bagusnya vitamin C untuk kulit. Bagi kamu yang baru mau mulai menggunakan vitamin C untuk perawatan kulit, aku merekomendasikan produk SCARLETT C-Power Serum. Produk ini menggunakan THD Ascorbate.

Dari sumber yang aku baca, THD Ascorbate larut dalam lemak (larut dalam sel minyak atau lemak), dan jauh lebih stabil daripada asam askorbat. Formulasi lipid itu juga membantu menembus ke lapisan kulit yang lebih dalam. Wajar saja bila SCARLETT mengklaim bahwa jenis vitamin C ini 50 kali lebih ampuh dibandingkan vitamin C tradisional.

Yuk kenalan dengan produknya!

Main ingredients:

● Tetrahexyldecyl (THD) Ascorbate – Vitamin C 50x lebih kuat dari asam askorbat standar

● 4D Hyaluronic Acid

● Lactobacillus

● Chamomille Flower Extract

● Cammelia Extract

How to use:

1. Teteskan 2-3 tetes serum pada tangan

2. Usap dan pijat secara merata pada kulit wajah

3. Diamkan beberapa saat agar serum meresap ke kulit wajah

Size: 15 ml/ 0.5 FL.OZ

BPOM No: NA 18221902784

Cek keaslian produk SCARLETT : Pada tiap kemasan produk SCARLETT, kamu akan menemukan hologram. Tapi kamu bisa verifikasi keaslian produk lewat situs di link tersebut

Harga: Rp. 75.000

Untuk ukuran serum vitamin C, harus aku akui bahwa produk ini tergolong sangat terjangkau. Jadi aku selalu rekomendasikan produk ini ke banyak orang karena tanpa perlu membayar mahal, kita bisa merasakan manfaat vitamin C pada kulit.

Review Pribadi:

Vitamin C adalah komposisi favoritku dari produk skincare. Perlu diketahui, kulit mukaku jarang jerawatan. Tapi, setiap kali PMS, muncul beberapa jerawat yang kadang menyisakan bekas. Nah, aku cukup bergantung pada serum vitamin C untuk menghilangkan dark spots seperti itu.

Apalagi karena umur sudah di atas 30 tahun, menurutku serum vitamin C jadi produk wajib dalam rutinitas skincare karena otomatis mencerahkan kulit dan bisa membantu regenerasi kulit. Tapi sejujurnya tidak semua produk serum vitamin C cocok di kulitku.

Makanya, aku senang sekali memakai C-Power Serum dari SCARLETT. Selama hampir dua minggu pemakaian, aku sudah bisa melihat efeknya di kulit. Tekstur produk ini cukup kental dan berwarna putih, menurutku bisa dibilang ringan. Di kulitku, serum ini menyerap dengan cepat dan tidak terasa lengket. Ada wangi yang aku kurang akrab dan sulit dideskripsikan. Yang pasti wangi dan tidak mengganggu penciuman.

Aku pakai serum ini setiap pagi. Aku skipped serum ini untuk night routine skincare karena kalau malam, aku pakai retinol dan aku tidak berani menggabungkan kedua bahan aktif ini pada rutinitas skincare.

Sejauh ini, hasilnya memuaskan. Kulitku terlihat lebih cerah dan beberapa dark spots memudar. Aku juga merasa kulitku terasa lebih kenyal. Namun, untuk manfaat anti-aging belum terlalu terlihat. Rasanya, aku butuh waktu pemakaian lebih lama lagi.

In conclusion: this is a very good vitamin C serum and I recommended you to try it, especially because it is not pricey at all.

SCARLETT C-Power Face Mist

Main ingredients:

● THD (Tetrahexyldecyl) Ascorbate

● Sodium Hyaluronate

● Mugwort

● Black Ginseng Water

● Orange Oil and Lemon Extract

How to use:

1. Shake well before use

2. Spray within 15-20 cm evenly on to the face with eyes and mouth closed

3. Leave to penetrate evenly

BPOM No: NA 18221204908

Cek keaslian produk SCARLETT : Pada tiap kemasan produk SCARLETT, kamu akan menemukan hologram. Tapi kamu bisa verifikasi keaslian produk lewat situs di link tersebut

Harga: Rp. 75.000

Review Pribadi:

Begitu pakai produk ini, aku langsung suka sekali. Soalnya ada aroma jeruk yang segar dan enak untuk dicium. Face mist ini dikemas dalam botol plastik dan bisa diaplikasikan dengan cara menekan semprotan pada bagian atas botol. Aku suka sekali kemasannya, karena bikin produk keluar dalam bentuk partikel yang sangat kecil jadi cepat menyerap di kulit dan menyebar dengan baik.

Aku bisa pakai C-Power Face Mist ini beberapa kali dalam sehari, apalagi kalau udara di luar sedang panas dan aku butuh kesegaran di kulit wajah. Kadang aku pakai face mist ini untuk nge-set make up supaya lebih tahan lama dan tidak menempel di masker.

Overall, I’m a very satisfied customer of this face mist and I truly recommend you to try this product.

Perbedaan setelah hampir dua minggu memakai SCARLETT C-Power Serum & Face Mist

Semoga tulisanku membuat kalian mau mencoba pakai vitamin C untuk perawatan kulit, ya. Produk SCARLETT bisa dibeli di beberapa toko online. Klik saja link ini untuk pembelian!

Sampai jumpa di tulisan berikutnya! ^^

 

 

 

 

One thought on “Lima Manfaat Vitamin C untuk Kulit: Review C-Power Serum dan Face Mist dari SCARLETT

Leave a comment